24
Okt
12

ekologi lingkungan – biogeokimia

 

TUGAS TENTANG BIOGEOKIMIA

Diajukan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Ekologi Lingkungan

oleh

AMELLIA AGUSTRIANA

1100794

 

 

 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI

FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

BANDUNG

2012

 

 

 

BIOGEOKIMIA

 

      Biogeokimia adalah pertukaran atau perubahan yang terus menerus, antara komponen biosfer yang hidup dengan tak hidup. (http://gurungeblog.wordpress.com/2008/11/17/daur-biogeokimia/)

Secara khusus, biogeokimia adalah studi tentang siklus dari unsur-unsur kimia, seperti karbon, nitrogen, air, fosfor, dll serta  interaksi mereka dan penggabungan ke dalam makhluk hidup yang diangkut melalui sistem skala bumi biologis dalam ruang melalui waktu. Bidang ini berfokus pada siklus kimia baik yang didorong oleh atau memiliki dampak pada aktivitas biologis. Penekanan khusus ditempatkan pada studi tentang siklus karbon, nitrogen, sulfur, dan fosfor. Biogeokimia adalah ilmu sistem yang terkait erat dengan ekologi Sistem.

      Dalam suatu ekosistem, materi pada setiap tingkat trofik tidak hilang. Materi berupa unsur-unsur penyusun bahan organik tersebut didaur-ulang. Unsur-unsur tersebut masuk ke dalam komponen biotik melalui udara, tanah, dan air. Daur ulang materi tersebut melibatkan makhluk hidup dan batuan (geofisik) sehingga disebut Daur Biogeokimia.
Daur biogeokimia memiliki fungsi sebagai siklus materi yang mengembalikan semua unsur-unsur kimia yang sudah terpakai oleh semua yang ada di bumi baik komponen biotik maupun komponen abiotik, sehingga kelangsungan hidup di bumi dapat terjaga.

Siklus-siklus tersebut antara lain: siklus air, siklus oksigen, siklus karbon, siklus nitrogen, dan siklus sulfur.

Pendiri ilmu biogeokimia adalah ilmuan rusia, Vladimir Vernadsky, orang kebangsaan Rusia yang menulis buku “The Biosphere” tahun 1926. Dia berada dalam tradisi  Mendeleev, dia berdedikasi dalam merumuskan fisika bumi sebagai keseluruhan yang hidup. Vernadsky memisahkan tiga lapisan/ bidang (spheres) di Bumi. Dia mengamati bahwa setiap bidang memiliki hukum evolusinya sendiri, dan bidang tertinggi memodifikasi dan mendominasi bidang lainnya.  Tiga  bidang itu adalah :

Abiotic sphere (lingkungan) – semua energi tidak hidup dan proses-proses materi
Biosfer – proses hidup yang berada bersama-sama lingkungan (biotic sphere)
Nöesis or Nösfer – bidang yang berkaitan dengan proses-proses akibat aktivitas manusia

Aktifitas manusia (contoh : industri dan pertanian) mengubah biosfer dan lingkungan. di dalam lingkungan kontemporer, banyaknya pengaruh manusia dalam dua bidang lainnya sebanding dengan kekuatan geologi.
Ada kelompok penelitian biogeokimia di banyak universitas di seluruh dunia. Karena ini adalah bidang yang benar-benar mengkaitkan antar-disiplin ilmu, yaitu : ilmu atmosfer, biologi, ekologi, geomicrobiology, kimia lingkungan, geologi, oseanografi, dan ilmu bumi.

Beberapa bidang penelitian yang penting untuk biogeokimia meliputi:

– pemodelan sistem alam
– pemulihan proses pengasaman tanah dan air
– eutrofikasi air permukaan
– penyerapan karbon
– remediasi tanah
– lingkungan global yang berubah
– perubahan iklim
– biogeokimia calon untuk deposito bijih

Unsur-unsur seperti karbon, nitrogen, fosfor, belerang, hidrogen, dan oksigen adalah beberapa di antara unsur yang penting bagi kehidupan. Unsur-unsur tersebut diperlukan oleh makhluk hidup dalam jumlah yang banyak, sedangkan unsur yang lain hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. Meskipun setiap saat unsur-unsur yang ada tersebut dimanfaatkan oleh organisme, keberadaan unsur-unsur tersebut tetap ada. Hal tersebut dikarenakan, unsur yang digunakan oleh organisme untuk menyusun senyawa organik dalam tubuh organisme, ketika organisme-organisme tersebut mati, unsur-unsur penyusun senyawa organik tadi oleh pengurai akan dikembalikan ke alam, baik dalam tanah ataupun dikembalikan lagi  ke udara. Jadi, dalam proses tersebut melibatkan makhluk hidup, tanah, dan reaksi-reaksi kimia di dalamnya. Itulah yang dimaksud sebagai daur biogeokimia. Berikut ini akan dibahas macam-macam daur biogeokimia yang ada di alam ini, antara lain:

  • Daur Nitrogen
  • Daur Karbon dan Oksigen
  • Daur Air
  • Daur Belerang
  • Daur Posfor
  1. Daur nitrogen

 

Di alam, Nitrogen terdapat dalam bentuk senyawa organik seperti urea, protein, dan asam nukleat atau sebagai senyawa anorganik seperti ammonia, nitrit, dan nitrat.

Tahap pertama. Daur nitrogen adalah transfer nitrogen dari atmosfir ke dalam tanah. Selain air hujan yang membawa sejumlah nitrogen, penambahan nitrogen ke dalam tanah terjadi melalui proses fiksasi nitrogen. Fiksasi nitrogen secara biologis dapat dilakukan oleh bakteri Rhizobium yang bersimbiosis dengan polong-polongan, bakteri Azotobacter dan Clostridium. Selain itu ganggang hijau biru dalam air juga memiliki kemampuan memfiksasi nitrogen.

Tahap kedua. Nitrat yang di hasilkan oleh fiksasi biologis digunakan oleh produsen (tumbuhan) diubah menjadi molekul protein.
Selanjutnya jika tumbuhan atau hewan mati, mahluk pengurai merombaknya menjadi gas amoniak (NH3) dan garam ammonium yang larut dalam air (NH4+). Proses ini disebut dengan amonifikasi. Bakteri Nitrosomonas mengubah amoniak dan senyawa ammonium menjadi nitrat oleh Nitrobacter. Apabila oksigen dalam tanah terbatas, nitrat dengan cepat ditransformasikan menjadi gas nitrogen atau oksida nitrogen oleh proses yang disebut denitrifikasi.

  1. Daur Sulfur (belerang)

      Belerang dalam tubuh organisme merupakan unsur penyusun protein. Di alam, sulfur (belerang) terkandung dalam tanah dalam bentuk mineral tanah dan di udara dalam bentuk SO atau gas sulfur dioksida. Ketika gas sulfur dioksida yang berada di udara bersenyawa dengan oksigen dan air, akan membentuk asam sulfat yang ketika jatuh ke tanah akan menjadi bentuk ion-ion sulfat (SO4 2- ).

 

               

     

      Kemudian ion-ion sulfat tadi akan diserap oleh tumbuhan untuk menyusun protein dalam tubuhnya. Ketika manusia atau hewan memakan tumbuhan, maka akan terjadi perpindahan unsur belerang dari tumbuhan ke tubuh hewan atau manusia. Ketika hewan atau tumbuhan mati, jasadnya akan diuraikan oleh bakteri dan jamur pengurai dan menghasilkan bau busuk, yaitu gas hidrogen sulfida (H2S) yang akan dilepas ke udara dan sebagian tetap ada di dalam tanah. Gas hidrogen sulfida yang ada di udara akan bersenyawa dengan oksigen membentuk sulfur oksida, dan yang di tanah oleh bakteri tanah akan diubah menjadi ion sulfat dan senyawa sulfur oksida yang nanti akan diserap kembali oleh tumbuhan.

 

  1. Daur karbon dan oksigen

     Di atmosfer terdapat kandungan COZ sebanyak 0.03%. Sumber-sumber COZ di udara berasal dari respirasi manusia dan hewan, erupsi vulkanik, pembakaran batubara, dan asap pabrik.

Karbon dioksida di udara dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk berfotosintesis dan menghasilkan oksigen yang nantinya akan digunakan oleh manusia dan hewan untuk berespirasi.

Hewan dan tu mbuhan yang mati, dalam waktu yang lama akan membentuk batubara di dalam tanah. Batubara akan dimanfaatkan lagi sebagai bahan bakar yang juga menambah kadar C02 di udara.

Di ekosistem air, pertukaran C02 dengan atmosfer berjalan secara tidak langsung. Karbon dioksida berikatan dengan air membentuk asam karbonat yang akan terurai menjadi ion bikarbonat. Bikarbonat adalah sumber karbon bagi alga yang memproduksi makanan untuk diri mereka sendiri dan organisme heterotrof lain. Sebaliknya, saat organisme air berespirasi, COz yang mereka keluarkan menjadi bikarbonat. Jumlah bikarbonat dalam air adalah seimbang dengan jumlah C02 di air. Lihat Gambar

 

                           Gbr. Siklus Karbon dan Oksigen di Alam

 

 

 

 

 

 

  1. Daur Fosfor

 

 

 

Posfor merupakan elemen penting dalam kehidupan karena semua makhluk hidup membutuhkan posfor dalam bentuk ATP (Adenosin Tri Fosfat), sebagai sumber energi untuk metabolisme sel.

Posfor terdapat di alam dalam bentuk ion fosfat (PO43-). Ion Fosfat terdapat dalam bebatuan. Adanya peristiwa erosi dan pelapukan menyebabkan fosfat terbawa menuju sungai hingga laut membentuk sedimen. Adanya pergerakan dasar bumi menyebabkan sedimen yang mengandung fosfat muncul ke permukaan. Di darat tumbuhan mengambil fosfat yang terlarut dalam air tanah

Herbivora mendapatkan fosfat dari tumbuhan yang dimakannya dan karnivora mendapatkan fosfat dari herbivora yang dimakannya. Seluruh hewan mengeluarkan fosfat melalui urin dan feses. Bakteri dan jamur mengurai bahan-bahan anorganik di dalam tanah lalu melepaskan pospor kemudian diambil oleh tumbuhan.

 

  1. Daur Air

 

 

 

Air di atmosfer berada dalam bentuk uap air. Uap air berasal dari air di daratan dan laut yang menguap karena panas cahaya matahari. Sebagian besar uap air di atmosfer berasal dari laut karena laut mencapai tigaperempat luas permukaan bumi. Uap air di atmosfer terkondensasi menjadi awan yang turun ke daratan dan laut dalam bentuk hujan. Air hujan di daratan masuk ke dalam tanah membentuk air permukaan tanah dan air tanah.

Tumbuhan darat menyerap air yang ada di dalam tanah. Dalam tubuh tumbuhan air mengalir melalui suatu pembuluh. Kemudian melalui tranpirasi uap air dilepaskan oleh tumbuhan ke atmosfer. Transpirasi oleh tumbuhan mencakup 90% penguapan pada ekosistem darat.

Hewan memperoleh air langsung dari air permukaan serta dari tumbuhan dan hewan yang dimakan, sedangkan manusia menggunakan sekitar seperempat air tanah. Sebagian air keluar dari tubuh hewan dan manusia sebagai urin dan keringat.

Air tanah dan air permukaan sebagian mengalir ke sungai, kemudian ke danau dan ke laut. Siklus ini di sebut Siklus Panjang. Sedangkan siklus yang dimulai dengan proses Transpirasi dan Evapotranspirasi dari air yang terdapat di permukaan bumi, lalu diikuti oleh Presipitasi atau turunnya air ke permukaan bumi disebut Siklus Pendek.

DAFTAR PUSTAKA

 

http://gurungeblog.wordpress.com/2008/11/17/daur-biogeokimia/

http://free.vlsm.org/v12/sponsor/Sponsor-Pendamping/Praweda/Biologi/0032%20Bio%201-7c.htm

http://kamuspengetahuan.blogspot.com/2011/08/biogeokimia.html

http://kamuspengetahuan.blogspot.com/2011/08/daur-siklus-sulfur-belerang_31.html

http://ahmad-cecep.blogspot.com/

2012

29
Feb
12

skrip mini drama “aku bukan koruptor”

Aku bukan koruptor !!!!!!!!!!!!!!!!!

Peran :
 Amel sebagai tertuduh koruptor
 Afrizal sebagai koruptor sebenarnya
 Naufal sebagi polisi
 Widi sebagai hakim ketua
 Farah sebagai pengacara
 Adit sebagai hakim pendamping

Dialog :

Amel : Waddoohhh……. Jadi orang susah ga enak banget yak ! Ga punya duit … Makan aja ngutang!
(HP bunyi)
Amel :Eittss…. HP bunyi!Biarpun orang susah,tapi HP ya wajib punya dong.. Haha.. Halloooooooo…… OOOOIIII!! BEJJJOOOO!!!!! Oi,, Mende bae? Ooo…. Ya… Iku,Mamat sih,masih ngurusi wedus ta ? Oooo… Yawis salam bae ya !! Yooo… wadduhh…
(Afrizal datang)
Afrizal : Ngapain lo? (gelisah)
Amel : Lha.. Ira sih ngapain…
Afrizal : Tampang lo susah amat…
Amel : Ngece… eh apaan nih?
Afrizal : Sssst………Jangan keras-keras !!!!Ni duit tau! Mau ga lo? Tapi jangan bilang siapa-siapa!
Amel : Mau!!! Duit darimana nih??
Afrizal :Udahlah.. Trima ja.. Dah ya,saya pergi
(afri pergi)
Amel : Wakh… Jadi kayaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Amel : (Pake baju bagus) Hmm…. Iiih… Dunia panas banget sih… Kan kulitkyu bisa item.. (HP bunyi) Hallooo…… WHATTT????? Bejjooo?? Siapa yah?! Sorry,akyu tidak punyatemen yang kampungan gitu tuh… heh…
(Naufal datang dan tangkap Amel….)
Amel : Apaan nih??!!!!
Naufal : Maaf,anda saya tangkap atas tuduhan korupsi dana BLT sebesar 10juta rupiah.. Mari ikut saya…
Amel : Tidaaak !!!!!!!!!!!!

Di persidangan ……….
Widi : Saudara Amel… Anda tahu mengapa anda disini?
Amel :Ya,Yang Mulia,atas tuduhan korupasi. Tapi itu tidak benar !!!
Widi : Tenag,bisa anda jelaskan ?
Amel : Ketika saya sedang santai,seorang laki-laki datang dan memberi saya uang yang banyak. Siapa sih yang ga mau di kasih duit sebanyak itu!!
Farah : Benar Yang Mulia,klien saya tidak bersalah. Beliau hany diipu saja. Beliau korban,bukan tersangka
Widi : Baik,apakah ada mempunyi bukti yang cukup kuat?
Farah : Ada!! Saya sudah menyelidiki siapa laki-laki itu
(Naufal datang sambil membawa afrizal)
Widi : Amel,spsksh benar?
Amel : Benar!!! Dia yang menipu saya!!!!
Widi :Baik,sebentar. ( Beunding dengan adit). Baik,anda saya bebaskan
Amel : Asyiiiiiikkkkkkkkk!!!!!!!!!!11111
Widi ;Tapi harta anda kami sita sebagai barang bukti
Amel : OH NOOOOOO…………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! BEJJOOOOOOO…. Miskin lagi, JOOOOOO………………..

sekiaaaan^^

29
Feb
12

puisi tentang hutan

INDAHKU

Ada yang menarik dari dirimu
Kau cantik
Begitu sempurna hingga silau dipandang
Auramu memberi sensasi
Sinarmu tak tertandingi
Keajaibanmu, dan segala kejutan yang kau berikan
Menggemparkan dunia, merindingkan hatiku
Kau pantas di puja, sayang
Entah siapa yang menciptakanmu hingga kau begitu memesonaku
Disini dan disini sama saja
Kecuali mereka yang menganiaya mu
Menjadikanmu tak berharga
Fungsimu untuk dinikmati dan diresapi
Dimanfaatkan, dan dimainkan untuk kepentingan hidupku
Terima kasih karena kau telah mewarnai bumi ini
Sungguh indah, sungguh menggoda
Aku tidak akan menyiakanmu
Wahai… sang pemilik kehijauan…

07
Sep
11

kumpulan soal bahasa inggris

A. Choose the best answers for each question!
Text 1
“Once upon a time a hawk fell in love with a hen. The hawk flew down from the sky and asked the hen, “Won’t you marry me?”
The hen loved the brave, strong hawk and wishes to marry him. But she said, “I cannot fly as high as you can. If you give me time, I may learn to fly as high as you. Then, we can fly together.”
The hawk agreed. Before he went away, he gave the hen a ring. “This is to show that you have promised to marry me,” said the hawk.
So it happened that the hen had already promised to marry a rooster. So, when the rooster saw the ring, he became angry. “Throw the ring away at once! Didn’t you tell the hawk that you’d already promised to marry me?” shouted the rooster. The hen was so frightened at the rooster’s anger that she threw the ring immediately.
When the hawk came the next day, the hen told the truth. The hawk was so furious that he cursed the hen. “Why didn’t you tell me earlier? Now, you’ll always be scratching the earth, and I’ll always be flying above you to catch your children,” said the hawk.
The curse seems to come true.

1. Why couldn’t the hen say “yes” right away?
a. Because she didn’t love the hawk
b. Because she had no ring to exchange
c. Because it would make the rooster angry
d. Because the hawk was too brave and strong
e. Because she had to learn how to fly as high as the hawk
Because the answer in the text

3. The hawk flew down from the sky and asked the hen, “Won’t you marry me?” (paragraph 1)
What does the utterance mean?
a. The hen wanted to marry the hawk
b. The hen refused to marry the hawk
c. The hen agreed to be the hawk’s wife
d. The hawk proposed the hen to be his wife
e. The hawk wanted to marry the hen in the sky
Because the answer in the text

Text 2
Hans Christian Andersen
In many ways, Hans Christian Andersen was like a person out of one of his own stories. He once said, ‘Most of what I have written is a reflection of myself. Every character is from life.’
Andersen was the only son of a poor shoemaker and of a mother who could hardly read. When he was 11 years old, his father died so Andersen left school and started working in a factory to support his family. Even though he was talented and could sing well, people used to laugh at him because he was so ugly: he was very tall and clumsy, with a long nose and small eyes. When he was 14, he walked to Copenhagen to try his luck in the big city. At the age of 17 he was put in a school to learn with 12-years-olds. The headmaster and the children mocked and bullied him, just as the animals in one of his famous stories, The Ugly Duckling, mock the ugly duckling, who, of course, turns into a beautiful swan in the end. In 1828 he entered the University of Copenhagen where he started writing.
Andersen wrote several plays and novels, but it was his tales for children that brought him world-wide praise. They include Thumbelina, The Little Mermaid, The Tin Soldier, The Princess and the Pea, The Snow Queen, and the Emperor’s New Clothes. He wrote them exactly as he would have told them to a child, and many other writers began to copy the kind of simple language he used. Not all his stories have happy endings because Andersen knew that sometimes sad things happen, as they had in his life. As his fame grew, his books were translated all over the world and he was honored in many countries. However, he remained a shy and lonely man.

5. The text above tells about…
a. What Andersen has once experienced
b. What Andersen wanted to be
c. The environment where Andersen lived
d. How Andersen wrote his novels
e. When Andersen started writing

7. What is the genre of the text?
a. Narrative
b. News item
c. Hortatory exposition
d. Descriptive
e. Recount
Because the text about Hans Christian Andersen’s experience

Text 3
The Frog King
Long ago there was a king who had a beautiful daughter. He loved her very much. Everyday the princess would sit by the old palace well and toss a golden ball high in the air and let it drop. She loved to play this game.
One day she accidentally tossed her ball too high. When it came down she couldn’t catch it. It fell deep into the well. The princess began to cry. “Why are you crying?” said a voice behind her. The princess looked down. She saw a frog. “Oh, Please, Frog”, said the princess, “I lost my ball down the well. If you bring it back to me, I will do anything you want.” “Anything at all?” asked the frog. “Yes, anything”, said the princess.
So the frog dived into the well and gave the ball back to the princess. “I don’t want money or property”, said the frog. “Let me live with you and be favorite friend”. The princess didn’t really want to let the frog come and lived with her as her favorite friend but she was an honest princess. When she made a promise she kept it. So the frog came back with her to the palace.
One day the princess discovered that the frog turned into a handsome prince so they got married and lived happily ever after.

9. The communicative purpose of the text is to…
a. entertain the readers with a fairy tale
b. describe how the fro took the ball
c. persuade the readers to read the story
d. inform the readers about the princess’ and the frogs marriage
e. explain to the readers why the princess married the frog

Text 4
Leonardo da Vinci was born on April 15, 1452 in Vinci, Italy. He was the illegitimate son of Ser Piero, a Florentine notary and landlord, but lived on the estate and was treated as a legitimate son.
In 1483, Leonardo da Vinci drew the first model of a helicopter. It did not look very much like our modern day “copter,” but the idea of what it could do was about the same.
Leonardo was an artist and sculptor. He was very interested in motion and movement and tried to show it in his art. In order to show movement, he found it helpful to study the way things moved. One subject he liked to study was birds and how they flew. He spent many hours watching the birds and examining the structure of their wings. He noticed how they cupped air with their wings and how the feathers helped hold the air. Through these studies, Leonardo began to understand how birds were able to fly.
Like many other men, Leonardo began to dream of the day when people would be able to fly. He designed a machine that used all the things he had learned about flight, and thus became the first model of a helicopter.
Poor Leonardo had only one problem, however. He had no way to give the necessary speed to his invention. You see, motors had not yet been invented and speed was an important part of the flying process. It would be another four hundred years before the engine was invented and another fifty years before it was put to the test in an airplane. Leonardo’s dream of a helicopter finally came to pass in 1936.
The Italian painter, sculptor, architect, engineer, and scientist, Leonardo died on May 2, 1519, and was buried in the cloister of San Fiorentino in Amboise.

11. What is the author’s main point?
a. The invention of the helicopter.
b. Birds cup air with their wings and use feathers to help hold the air.
c. An overview of one of Leonardo da Vinci’s many skills.
d. Leonardo da Vinci was born in 1452 and died in 1519.
e. The dream of Leonardo da Vinci

13. Which paragraph explains why Leonardo’s helicopter was not successful in his lifetime:
a. paragraph 1 d. paragraph 4
b. paragraph 2 e. paragraph 5
c. paragraph 3

15. What was the main problem with Leonardo’s invention?
a. motors were not yet invented
b. the birds lost their feathers
c. he was illegitimate
d. he couldn’t draw
e. he only tended to art

17. In what year was the first helicopter flown?
a. 1483 b. 1452 c. 1519 d. 1936 d. 1542

Text 5
Special Subscription Offer
Subscribe to the journal that recently received the Editorial Excellent Award from the Society of Industrial Designers
R YES! Send me INTERNATIONAL INDUSTRY for 1 year
(12 issues) at just $48, a savings of 20% off the full cover
price of $5.00.

o Payment enclosed R Bill me

Name : Grace Swan
Title : Design Specialist
Company : Inter Pharmaceutical Co.
Address : Virgin Avenue
New York
Please allow four weeks for first issue

19. Why did Grace Swan complete this form?
a. To win an award
b. To apply for a design job
c. To enroll in design school
d. To receive a journal
e. To go international

21. How long will it take for the first issue to arrive?
a. One day d. One year
b. One week e. Unknown
c. One month

Text 6
Please follow these steps in order to make machine withdrawal from your City Bank checking or saving account.
1. Insert your card face up into the card slot on the machine teller
2. Enter your four digit identification number on the numbered button
3. Press the withdrawal button for checking or the button for saving
4. Enter the amount of withdrawal, either fifty or one hundred dollars, on the numbered buttons
and wait for your receipt to be printed
5. Remove your card from the slot. The withdrawal will open with receipt and your cash
withdrawal in fifty dollars packets.
All customers are limited to two withdrawals in one twenty-four-hour period. If you attempt to withdraw more than the limited number of times, your card will be retained in the machine, and you will have to reclaim it in person at your main branch bank.

23. What is mainly discussed in the passage?
a. How to apply for a City Bank card
b. How to establish an account at City Bank
c. How to use the city bank machine teller
d. How to withdraw at City Bank
e. How to reclaim a card at main branch bank

25. Based on the passage we can conclude that____
a. 55678 is the example of typical identification number
b. $200 is the maximum amount that can be withdrawn
c. withdrawal may be made from checking account only
d. a fifty-dollar withdrawal would be received in two packets
e. if the card is retained, the customer has to apply the new one

27. 1. Push in the power button.
2. Put the CD into the CD compartment, then push in the open/close button
3. Put the plug into the socket.
4. To open/close the CD compartment, push in the open/close button.
The right order of the sentences above is…
a. 3-2-4-1 b. 3-1-4-2 c. 3-1-2-4 d. 3-4-2-1 e. 3-2-1-4

29. _____ your shoes when you enter a mosque. ¬¬¬¬¬¬¬¬¬
a. Put off d. Take on
b. Put on e. Bring
c. Take off

31. Kelly : “How do you do? My name is Kelly. I am from Seattle.
Madonna : “______? I am Madonna, from Melbourne. I am glad to see you.
a. Very well, thank you do
b. How do you do
c. How are you today
d. I am fine, thanks
e. Not at all A. Choose the best answers for each question!

33. Craig : “___________”
Mrs. Angelina : Yes,Please. Thank you. Hm…… This tea tastes good and smells fragrant.
a. Would you like a cup of tea,Mrs.Shelley?
b. Can you help me?i am thirsty.
c. Would you like me to have a cup of tea?
d. May I have some?
e. Would you let me drink a cup of tea,please?
35. Man : Did you enjoy your weekend at the tea plantation?
Woman : Cetainly,__________________
a. happiness
b. invitation.
c. Sadness
d. Getting people’s attention
e. Introduction

37. Mrs.John : “Yesterday wasthe hardest day,Mrs.Paul.”
Mrs.Paul : “Why do you say that?”
Mrs.John : “My Husband wa dismissed from his office.”
Mrs.Paul : “Oh,____________”
a. I’m sorry to hear that
b. I disagree with you
c. I think that was borring
d. I’m happy to hear that
e. Fantastic! How did you get it?

39. Denny : “___ you at home last night?
David : “Yes,I ___ at home accompanied my mother
a. was-were c. do-did e. does-are
b. is-are d. were-was

07
Sep
11

karya tulis . judul : kenaikan harga barang-barang pokok

KENAIKAN HARGA BARANG-BARANG POKOK

Karya tulis

2/12/2010

Ahmad sidik, Amellia A, Rizka K, Yan Januardi


KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “KENAIKAN HARGA BARANG-BARANG POKOK”.
Kami berterima kasih kepada keluarga yang telah mendukung kami, juga kepada guru pembimbing yang bersedia memandu kami dalam pembuatan karya tulis ini, tidak lupa kepada teman-teman yang sudah memberikan kritikan yang sangat membangun dan sudah meluangkan waktunya untuk membaca karya tulis kami.
Mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan yang tidak berkenan dalam karya tulis kami. Semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Penulis,

DAFTAR ISI
I. Kata pengantar ………………………………………………………..…2
II. Daftar isi ……………………………………………………………….…3
III. Pendahuluan
3.1. Latar belakang…………………………………………..…….…4
3.2. Tujuan ……………………………………………………………4
3.3. Manfaat …………………………………………………………..4
3.4. Rumusan masalah ………………………………………………5
3.5. Sistematika ………………………………………………………5
IV. Isi ………………………………………………………………………….6
V. Penutup
5.1. Kesimpulan …………………………………………………….16
5.2. Saran ……………………………………………………………..16
VI. Daftar pustaka …………………………………………………………..17

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kurangnya bahan dasar dari kebutuhan pokok masyarakat di Indonesia menjadikan harga barang-barang pokok di Indonesia menjadi mahal sehingga masyarakat di Indonesia sulit untuk memproduksinya. Akibatnya komsumen juga ikut merasakan dampaknya.
Selain terbatasnya bahan baku, produksi impor yang lebih mendominasi pasar juga membuat harga barang-barang pokok semakin tinggi. Sehingga banyak produsen bahan-bahan pokok gulung tikar.
Dengan adanya peristiwa ini, kami membuat sebuah karya tulis yang membahas mengenai sebab dan akibat kenaikan harga barang-barang pokok di Indonesia, mulai dari dasar sampai jatuh ke tangan konsumen.

Tujuan
Pembuatan karya tulis ini adalah sebagai bentuk keprihatinan kami dengan melonjaknya harga barang-barang pokok yang berakibat pada perekonomian Indonesia. Karya tulis kami bertujuan :
1) Agar masyarakat dan para pembaca untuk memanfaatkan bahan-bahan pokok yang terdapat di dalam negeri. Karena bahan-bahan pokok seperti kedelai yang di impor mulai jarang ditemukan di dalam pasar, terutama pasar tradisional.
2) Agar masyarakat mengetahui krisis yang dialami Indonesia sekarang
3) Agar masyarakat dapat memanfaatkan bahan dasar pangan yang diperoleh dari alam dengan sebaik-baiknya.
4) Tidak merusak alam hanya untuk mendapatkan kebutuhannya

Manfaat
Manfaat karya tulis ini, antara lain :
1) Agar masyarakat dapat memanfaatkan bahan-bahan pokok yang tersedia dengan baik
2) Bagi pembaca agar mengerti keadaan perekonomian bangsa Indonesia saat ini
3) Bagi kami, kami dapat merasakan penderitaan yang dialami oleh masyarakat tidak mampu karena akibat langkanya bahan dasar kebutuhan mereka, hargapun naik dan mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan.

Rumusan masalah
Dari permaslahan tersebut, dapat ditarik beberapa rumusan masalah, antara
lain:
1) Bagaimana caranya agar masyarakat tidak kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari ?
2) Bagaimana caranya meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat ?
3) Bagaimana caranya mengurangi jumlah pengangguran ?
4) Bagaimana caranya mengatasi permasalahan mengenai penderita busung lapar dan gizi buruk ?
5) Bagaimana caranya agar masyarakat bisa mengomsumsi sumber pangan mereka ?

Sistematika
Pembuatan karya tulis kami yang berjudul “Naiknya Harga Barang-barang Pokok”, disusun menggunakan sistematika yang sesuai sengan ketentuan .

ISI

KENAIKAN HARGA BARANG-BARANG POKOK

Kebutuhan barang-barang pokok di Indonesia saat ini sedang mengalami krisis, dikarenakan harga barang-barang pokok yang melonjat naik. Sehingga masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Ini merupakan hal yang harus diatasi dan dicari jalan keluarnya. Apabila bahan-bahan dasar seperti kedelai, sagu, minyak tangah, minyak goreng dan lain-lain akan habis suatu saat nanti, itu akan berakibat buruk pada anak cucu kita. Mereka akan kesuliatan untuk bercocok tanam dan meningkatkan produksi pasar tradisional karena akan terus-menerus bergantung pada produk impor, dan tidak mau memanfaatkan sumber daya yang ada dalam negeri, dan itu akan menimbulkan rasa malas untuk bekerja keras.

Hal tersebut dapat diatasi dengan cara kesadaran masyarakat agar dapat memanfaatkan kebutuhan produksi dalam negeri yang masih dapat dijangkau dari segi ekonomi. Dari segi pertanian sebenarnya kualitas dalam negeri jauh lebih baik karena Negara kita yang berada pada iklim tropis yang cocok ditanami apa saja. Tapi langkanya sumber daya alam di Indonesia karena masyarakatnya sendiri yang tidak dapat memanfaatkan dengan baik. Seandainya petani sukses dengan hasil taninya dan masyarakat tengah atas tidak menggunakan sumber daya alam luar negeri, mungkin Indonesia sekarang ini akan lebih makmur dan harga pasar masih relatif normal dan terjangkau oleh masyarakat bawah.

Kenaikan ini juga berakibat pada kesejahteraan rumah tangga yang sebelumnya dapat memenuhi hampir semua kebutuhannya, tapi setelah langkanya bahan-bahan pokok mereka mulai membatasinya. Dan itu sangat mengganggu ketentraman rumah tangganya. Seharusnya masyarakat dapat mengesampingkan kebutuhan sekunder dan tersier dan harus lebih mengutamakan kebutuhan primer yang berperan dalam kehidupan sehari-hari. Ini merupakan suatu cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat.

Dampak ini juga berlaku bagi pekerja industri. Banyak perindustrian yang memangkas anggaran pembelian sehingga banyak pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja atau PHK. Banyaknya pengangguran akibat kenaikan barang-barang pokok menambah ketentraman Negara Indonesia semakin sulit terwujud.
Menurut survey yang kami lakukan di pasar-pasar tradisional, kenaikan ini drastis sekali sehingga sangat merugikan bagi para produsen dan konsumen. Dapat diperkirakan kenaikan harga barang-barang pokok mencapai 50% pertahunnya. Bahkan mungkin bisa melewati lebih dari perkiraan. Angka ini akan terus meningkat dan semakin menyulitkan masyarakat Indonesia untuk mengomsumsi hasil pribumi.
Pascanaiknya harga bahan bakar minyak, harga-harga barang
kebutuhan pokok di Makassar dilaporkan naik tinggi. Kenaikannya bervariasi
sekitar Rp 100-Rp 1.000. Beberapa barang kebutuhan pokok, seperti beras,
gula pasir, terigu, minyak goreng, ikan, dan sayur-sayuran mengalami
kenaikan cukup tinggi. Ini merupakan kenaikan yang kedua karena saat BBM
belum resmi naik barang kebutuhan pokok sudah merambat naik.

Beberapa barang yang menunjukkan kenaikan cukup tinggi adalah gula pasir, terigu, beras, dan minyak goreng kemasan. Gula pasir misalnya, yang sebelum kenaikan masih seharga Rp 5.200 per kilogram, sehari setelah kenaikan naik menjadi Rp 5.300 per kilogram dan dua hari berikutnya naik lagi menjadi Rp 5.500 per kilogram.

Sementara terigu yang sebelum kenaikan BBM masih dijual Rp 3.800 per kilogram saat ini sudah naik menjadi Rp 4.500 per kilogram atau naik Rp 700. Minyak goreng kemasan yang sebelumnya dijual Rp 6.300-Rp 6.500 per kemasan 600 ml saat ini sudah dijual Rp 7.500. Sedangkan beras, sejak Januari lalu sudah mulai naik dengan besaran Rp 250-Rp 500 per kilogram. Dengan kenaikan harga BBM ini, berarti beras juga
sudah mengalami dua kali kenaikan.
Beberapa desa di Sumatera saat ini kembali menggunakan kayu bakar untuk memasak karena harga minyak tanah di kawasan itu saat ini sudah mencapai Rp 1.700 per liter. Warga yang umumnya nelayan itu mengumpulkan kayu bakar dari kawasan perkebunan kelapa yang ada di sekitar.
Inilah perbandingan kanaikan pertahunnya :

Berikut ini adalah kasus yang kami temukan tentang pengrajin tempe yang gulung tikar. Sebut saja beliau Bapak Surahman. Beliau mengaku sudah menjadi pengrajin tempe selama 20 tahun. Tapi 2 tahun terakhir ini beliau merasa kesulitan untuk mendapatkan bahan baku kedelai yang biasa beliau pesan di tempat langganannya di pasar terdekat. Diakibatkan harga kedelai melonjak drastis. Sehingga tidak terjadi keseimbangan antara modal yang dikeluarkan dengan laba yang diperoleh. Bapak Surahman mengadu bahwa beliau selalu mengalami kerugian setiap memproduksi tempe. Akhirnya beliau memutuskan untuk menghentikan pekerjaannya dan mencari pekerjaan lain.

Dapat kita pelajari dari kasus tersebut. Bapak Surahman yang kesulitan mendapatkan kedelai karena harga perkilonya yang mahal mengharuskan beliau untuk gulung tikar. Bisa kita tanggapi bahwa memang benar penyebab Bapak Surahman gulung tikar adalah bahan baku yang mahal. Tapi bisa juga itu adalah kesalahan masyarakat sendiri yang lebih memilih untuk memenfaatkan produk impor daripada produk local. Padahal produk local tidak kalah bagus kualitasnya. Karena keinginan manusia yang tak terbatas dan majunya perkembangan zaman menyebabkan mereka beralih pada hal-hal yang lebih “keren”

Beberapa penyebab pengrajin makanan lokal gulung tikar, antara lain :
 Kurangnya rasa cinta produk dalam negeri
 Gaya hidup berubah sehingga makanan pribumi sudah jarang dikomsumsi
 Para petani yang gagal panen
 Harga bahan baku mahal
 Kurangnya pekerja
 Busuknya makanan yang sudah siap dimanfaatkan konsumen akibat terlalu lama disimpan
 Malasnya para pengrajin yang bertugas untuk memproduksi
 Berdatangan produk impor yang menyebabkan kalah bersaing
 Kesadaran masyarakat kurang

Sebaiknya pemerintah harus bertindak lebih tegas dan serius dalam menanggapi masalah ini. Berikut adalah upaya-upaya yang mestinya dilakukan oleh pemerintah :
 Menyediakan lapangan pekerjaan untuk para pengrajin yang gulung tikar
 Membatasi produk impor ke Indonesia supaya masyarakat kembali untuk memanfaatkan hasil pribumi
 Lebih menungkatkan ekspor agar kualitas Indonesia diakui oleh Negara lain. Seperti beras, ketan, kacang-kacangan, jagung, dll.
 Membuat suatu lahan pertanian atau perkebunan milik Negara yang dikelola oleh petani lokal dengan hasil berkualitas tinggi
 Mengadakan pameran makanan di kota-kota yang ada di Indonesia dengan tujuan untuk mengenalkan makanan khas nusantara yang tidak diketahui masyarakat dan hamper punah
 Menurunkan harga pasar yang dikiranya tidak terlalu membebankan rakyat kalangan tidak mampu agar bisa bertahan hidup

Upaya-upaya tersebut harus secepat mungkin dilakukan. Karena produsen dan konsumenlah yang menjadi korban. Contoh-contoh dampak dari masalah ini yang paling berat adalah yang dirasakan oleh masyarakat tidak mampu. Mereka menderita kelaparan karena tidak bisa membeli makanan yang mungkin harganya lebih besar daripada pendapatan mereka sehari-hari. Busung lapar adalah ancaman yang paling menakutkan untuk para balita yang sedang mengalami pertumbuhan. Mereka yang harusnya diberi gizi yang cukup, bukan malah diberikan makanan yang tidak seharusnya dimakan oleh para baliat, seperti nasi aking. Nasi aking adalah nasi basi yang dibumbui hanya dengan garam. Nasi aking tersebut sama sekali tidak mengandung gizi. Apakah mungkin mereka akan terus-menerus seperti itu? Bagaimana kelangsungan bangsa Indonesia dimasa yang akan datang ?
Anak-anak yang biasa meminta dijalanan adalah termasuk kedalam dampak masalah ini. Orangtua mereka tidak mempunyai penghasilan untuk menyekolahkan anak-anaknya. Karena untuk mengisi perut mereka saja sudah kesulitan, apalagi untuk yang lain. Dan masih banyak lagi dampak negatif akibat naiknya harga barang-barang pokok.
Untuk mengatasi para penderita gizi buruk, sebaiknya ada kesadaran dari masyarakat sendiri untuk menggugah hatinya untuk memberikan sebagian dari harta mereka. Dapat dilakukan dengan cara bakti sosial dan kegiatan lainnya yang bermanfaat. Uluran tangan dari kita bagai mendapatkan intan permata bagi mereka.

Hal ini pun terjadi di berbagai daerah-daerah, sebagai contoh seperti yang dialami mayoritas anggota masyarakat lainnya yang begitu sulit mendapatkan minyak tanah. Minyak tanah masih sangat dibutuhkan sebagian besar warga untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka, seperti untuk keperluan memasak sehari-hari. Walaupun harga melonjak, mau tidak mau warga tetap harus membeli dengan harga yang sangat tinggi, karena bagi mereka yang penting barang kebutuhan pokok tersedia.
Tidak hanya mereka yang menggunakan langsung minyak tanah untuk memasak, seperti yang umum dilakukan kaum perempuan (khususnya para ibu rumah tangga) yang merasakan imbas dari kenaikan harga harga kebutuhan pokok, tetapi pasti juga meresahkan para pencari nafkah seperti para suami yang harus berusaha lebih keras lagi untuk mendapatkan penghasilan tambahan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Mungkin bukan hanya bagi mereka yang sudah berkeluarga, bagi buruh perempuan yang masih lajang pun mengalami persoalan yang sama, walaupun tingkat kebutuhannya tidak serupa. Tapi tetap saja bagi mereka yang sudah berkeluarga persoalan ini menjadi masalah yang sangat penting, belum lagi mereka harus membiayai anak-anak mereka, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan sekolah.
Setiap tahunnya kenaikan harga barang kebutuhan seperti hampir pasti selalu terjadi. Di awal tahun 2010 inipun kenaikan harga yang memberatkan rakyat sudah terjadi, mulai dari harga minyak tanah yang melonjak dan kebutuhan pokok lainnya disertai dengan kelangkaan, yang menyebabkan untuk membeli minyak tanah pun dibatasi. Ternyata tidak hanya berhenti di minyak tanah, tapi terus bergulir ke barang-barang kebutuhan pokok rakyat lainnya.
Sementara kenaikan harga ini sering sekali diharapkan bisa dibarengi oleh kenaikan upah/gaji buruh ataupun pegawai negeri sipil (PNS). Tapi ketika upah/gaji naik, ternyata tidak memecahkan masalah rakyat kecil karena akan secara bersamaan muncul akibat berupa naiknya harga harga di pasar, banyak dari para pedagang mengatakan bahwa upah/gaji naik maka harga barang barang pun ikut naik.
Imbas kenaikan harga kebutuhan barang pokok seolah menjadikan masyarakat untuk lebih pintar mengelola keuangan, mengurangi atau bahkan tidak membeli sama sekali kebutuhan-kebutuhan yang dianggap tidak penting. Masyarakat oleh berbagai nasihat yang menyikapi krisis harga ini dituntut untuk berhemat, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Contoh kenyataan ini, yaitu banyak buruh yang bekerja berdatangan dari luar kota sehingga mereka harus kost atau mengontrak rumah. Biaya sewa rumah/kost terus meningkat, ketika masyarakat terus harus menanggung dan menyesuaikan diri dengan harga-harga barang yang juga terus naik.
Mayoritas kaum buruh harus berhadapan dengan permintaan untuk membayar sewa rumah lebih banyak dari sebelumnya dengan alasan sang penyewa rumah/kost terbebani oleh kenaikan harga. Tidak bisa dipungkiri kenaikan harga-harga kebutuhan pokok berpengaruh ke berbagai harga barang dan jasa, dan yang paling merasakan kenaikan ini adalah rakyat pekerja.
Karena bila kita bandingkan para pejabat pemerintah, pemilik rumah sewa/kost, pedagang menengah, maupun para bos pabrik mempunyai penghasilan yang berlebih untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dan bila harus menghadapi kenaikan harga, mereka bisa mencari sasaran orang lain untuk menanggung beban itu. Seperti yang dibebankan oleh pemilik rumah kontrak/kost kepada rakyat pekerja buruh yang membayar sewa kepada mereka.
Tetapi mata rantai beban ini sampai pada tingkat dimana justru mereka yang paling menanggung beban dari kenaikan harga – rakyat pekerja dan kaum miskin – juga harus menanggung beban mereka yang bertanggung jawab atas kenaikan harga yaitu para bos, birokrat pemerintah yang korup dan cuma berpikir menarik rente, dan para spekulan.
Di layar kaca atau melaui media kita jumpai pula para distributor barang yang melakukan unjuk rasa terhadap kenaikan sejumlah harga, sebagai contoh tempo lalu kenaikan harga kedelai bagi para pembuat tempe, serta harga daging yang kian melonjak. Kenaikan harga bahan dasar dalam pembuatan tempe ini mempengaruhi produksi pembuatan tempe. Namun masyarakat yang kebanyakan menjadi konsumen dari barang2 tersebut dan merasakan langsung berbagai kenaikan harga barang hanya bisa sekedar protes tanpa ada sikap yang ditujukan kepada pemerintah.
Ketidakmampuan ini juga disebabkan oleh ketakutan dan kebingunan mereka tentang hak sebagai warga negara dan kewajiban pemerintah dalam kehidupan sosial sebagaimana yang diharuskan oleh cita-cita kemerdekaan Indonesia seperti yang dimandatkan oleh konstitusi negeri kita ini.
Masih sangat banyak diantara kaum buruh yang hanya bisa menerima dengan hati berat dengan kenaikan harga barang barang kebutuhan pokok, dan mereka tidak tahu apa yang harus mereka lakukan.
Kita tidak bisa lagi mengacuhkan atau tak peduli harga-harga barang kebutuhan pokok terus dibiarkan naik seenaknya tanpa ada keputusan pengaturannya. Peran dan aturan pemerintah harus khusus bertindak hanya demi untuk melindungi masyarakat yang terus menjadi korban dalam kehidupan yang terus direpotkan oleh kenaikan harga-harga. Seperti yang terjadi sekarang bahwa setiap tahunnya harga akan naik seiring dengan adanya kenaikan upah/gaji. Mau berapa pun upah/gaji naik itu hanya percuma, jika harga-harga kebutuhan pun ikut naik maka tidak akan pernah mencukupi biaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Seharusnya pemerintah menetapkan harga yang kemudian para pedagang atau distributor tidak menaikan harga karena melihat ada kenaikan upah/gaji dari buruh ataupun pegawai negeri sipil (PNS). Kita tidak akan menemukan solusi jika pemerintah tidak tegas dalam menentukan harga-harga dan mengatur distribusi barang-barang agar tidak ada penimbunan yang akan menyebabkan harga menjadi mahal ketika terjadi kelangkaan barang dan akhirnya akan memberikan keuntungan kepada para penimbun tersebut.
Disini pemerintah mempunyai andil dalam menentukan harga pasar untuk berbagai kebutuhan pokok. Hal ini untuk menghindari adanya penjual dan kepentingan ekonomi politik yang nakal atau curang yang justru mendapatkan keuntungan bila terjadi menaikan harga seenaknya.
Masalah kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok tidak bisa dilihat sebagai sekedar masalah musiman yang sering dihadapi, terlebih jika sudah terjadi kenaikan upah dan bahan baku produksi lainnya. Saat ini sentral penyuplai kebutuhan pokok banyak dikuasai oleh pihak non pemerintah, dan ini pun menujukan bahwa pemerintah sebenarnya tidak mampu untuk mengatur berbagai kebutuhan rakyatnya, dan kenaikan harga ini selalu muncul ketika akan terjadi momentum-momentum politik seperti Pemilu, Pilgub, Pilkada.
Yang jelas memang keterlibatan rakyat pekerja dalam pemerintahan menjadi hal yang sangat penting, karena masyarakat yang ada bukan hanya dari lapisan pejabat, dan pengusaha tapi banyak pula rakyat pekerja yang sebetulnya menjadi penunjang ekonomi dan rakyat pekerja pula yang banyak menggunakan hasil-hasil dari produksi kebutuhan barang-barang pokok.
Harus kita sadari bahwa pemerintahan hari ini adalah sebuah pemerintahan yang bisa dipercaya karena jika tidak masyarakat akan mengatakan pihak pemerintah pun ikut andil dalam proses kenaikan-kenaikan harga tersebut. Jadi upaya-upaya yang dilakukan pemerintah pun dilihat merupakan upaya sesaat yang hanya menunjukan kepada masyarakat bahwa pemerintah peduli terhadap kenaikan harga barang kebutuhan pokok.
Jadi, manfaatkanlah hasil produksi dengan baik. Dan supaya masyarakat dapat membatasi kebutuhannya. Pantau terus naik-turunnya harga kebutuhan pokok, apakah stabil atau tidak. Karena kalu harga terus melambung, rakyat Indonesia tidak akan bisa memenuhi kebutuhannya selain kebutuhan pokok.

PENUTUP
Kesimpulan
Dari karya tulis diatas dapat diambil kesimpulan, diantaranya :
1) Kenaikan harga barang-barang pokok sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat
2) Kenaikan harga barang-barang pokok menambah beban bagi masyarakat menengah ke bawah
3) Ibu rumah tangga kesulitan untuk mengatur kebutuhan yang harus dipenuhinya sehari-hari dengan kebutuhan yang lain
4) Berpengaruh besar pada bidang perekonomian di Indonesia
5) Merugikan banyak pihak

Saran
Sebaiknya, masyarakat harus belajar cara untuk mengatur kebutuhan
dengan baik, dan pintar menentukan kebutuhan-kebutuhan apa sajakah yang
harus diutamakan. Dan untuk pemerintah, masalah ini cukup serius,
sebaiknya bertindak secara tegas dan baik.

Daftar Pustaka

http://www.kompas.com/

http:// andreypeduliindonesia.wordpress.com/

http://www.lautanindonesia.com/

http://www.yahoo.com/yahooanswer/kenaikan harga baranng-banrang pokok/

07
Sep
11

Drama bahasa inggris : bawang merah bawang putih , malin kundang

In the Kahyangan Land,there was a beautiful fairy. Her name was Peri Biru. She was one of fairies in Kahyangan. But,she was less in her ability to used the magic spells. She was so sad and lonely,bacause her friends also far her.
One day, Peri Biru had an idea to made some friends with her magic power. So,she looked for something that can used to made her friends. But,by the time in Kahyangan Land,Queen of fairy command to Peri Biru to made an Indonesian chilli sauce. Then,Peri Biru prepared thr ingredients like onion,shallot,garlic,chilli and cinnamon,also tools for made chilli sauce,its usually called cobet and ulekan.
Because the time not enought to made it manual,so she decided to mada chilli sauce with her magic power…

Peri Biru : (Mantra)
DOOEEENNGGGG !!!!!!!!
Peri Biru : What’s !!! Ow God,ow God. Why are you can be people? I just want
to made chilli sauce for Queen!
Peoples : We don’t know,we very confussed why you made us as people?
Peri Biru : Mmmm… Ok ok. I will give all of you the name! You(pinnocio)
Because you made from wood,i will give you the name… Pinnocio!
And you(Bawang Putih) because you made from garlic,i will give you
the name… Bawang Putih!

Peri Biru give the name one by one for the people thet she made. Onions name Bawang Bombay,shallots name Bawang Merah and chillies name Cabe Rawit. The rocks name Malin Kundang.

Peri Biru : Ok guys! Now all of you have the name and i will educe you to the earth.
(Mantra)

Eventually,the spell which speak fluently by blue fairy is exact. They are all was drop in earth. The onions was located in one place. But the other was separatter. The onions drop in the edge of the forest,and when in the trip,they met a big and empty house. At last,they agree to stay there. A month later…

Bawang Merah : Putih!!!!!! Come here!! Hurry!
Bawang Bombay : Hurry up! How slow you are!
Bawang Putih : I’m sorry… i haven’t finish all that job in the kitchen.
Bawang Merah : What?It haven’t yet? What’s you doing since then?
Bawang Putih : I was…
Bawang Bombay : Hof – Shut up you!! Now,You must make some food for us. We’re so
hungry . Hurry up!
Bawang Putih : But,i must go to the market first.
Bawang Merah : Go away! (she’s stop speaking) Anything else? Go away!!!!!
Bawang Putih : Bu,i haven’t any money.
Bawang Merah : What? (she tug Bawang Putih hair) Ask some money to us?
Bawang Bombay : (She slap Bawang Putih). Wake up! You’re just stay here! You’re so
Unthingkable! Go away! If not,you’ll never feel peace in your life!!
Bawang Putih : Ok. Allright.

(When Bawang Putih was walking on steet,her wallet was stolen,and Pinnocio saw that happen. He chase the thief,and he got thet wallet. But unfortunely,his arm was broken)

Pinnochio : It yours.
B.Putih : Thank you very much!
Pinnochio : Yes,You’re welcome.
B.Putih : B-but your arm was broken. How can i do for you?
Pinnochio : No,i’m okay. I’m made from wood. So,i didn’t have a pain feel.
B.Putih : What? Wood? Wait…Are you the one of Peri Biru’s creations?
Pinnochio : Maybe. Y-yes! And let me see,are you onion?
B.Putih : Yes. I’m Bawang Putih.
Pinnochio : Yes,I’m Pinnochio! I very happy can meet you,Bawang Putih…
(Give his hand when somewhat shy)

They fall in love and suddenly. Peri Biru coming……….

Peri Biru : Pinnochio… Bawang Putih…
B.Putih & Pinnochio : Fairy?!
Peri Biru : Pinnochio,i would release you from the curse.
Pinnochio : What do you mean?
Peri Biru : I will turn you into a human. Wait… (Fairy consentration). Boeng doeng being a
real human!!
B.Putih : (Bewildered). Pinnochio you are…..
Pinnochio : Why ? (Smile)
B.Putih : Look your body!
Pinnochio : Ow yes… Thanks,Peri Biru. But,why you release me from that curse?
Peri Biru : Because you have to love somebody,and she love you too.
(Pinnochio and Bawang Putih one another look,and they smile because shy)
Peri Biru : Ok. I will go now. (Dissapear)
Pinnochio : P-putih… How is your opinion about me?
B.Putih : Umm,P-pinno… You….. (Look at the watch). Oh no!!
Its 12 o’clock! I must go home,If not,my sisters will very angry with me!!
(Almost gone)
Pinnochio : Wait! (Pulled Bawang Putih hand). Where’s your house?
B.putih : (Stop speaking for a while,then she let Pinnochio’s hand and runaway).
In other side village. Thank you,Pinno…
Pinnochio : (Smile again).

In the house …..

B.Putih : I’m comeback.
B.Bombay : Putih!! Where have you been!? Don’t you realize?! You’re so late! We had very
hungry! Fuck you! (Tug Bawang Putih’s hair). You’re so dared with us!
You’re so impudent..!
B.Putih : N-no.. I just… I had stolen was…
B.bombay : Huh! Don’t make any reason! Big liar!
B.Putih : Ok… I’m sorry. I’ll cook for you.
B.Merah : I don’t need that again! You’re so late! Now,we will eat in the restaurant. And for
you! Stay in this house!! Clean up all things in this house!! And you must finish
when we arrive! Understand ??!
B.Putih : Yeah… I know…

B.Merah : How pity are she! Hahahahahaha……..
B.Bombay : Hohohoho…. She propher for have that! She’s so impudent!
(Then,when they talking,Pinnochio coming)
B.Bombay : Hey… Look at him!
B.Merah : Yes,why?
B. Bombay : Huh! You know,he’s so handsome…….
B.Merah : Lets close him!!
(They approach Pinnochio)
B.Bombay : Hey man! Why you’re alone? May i accompany you?
Pinnochio : …………………… (Quiet)
B.Merah : Oooh… You are so cool… I am Bawang Merah!
B.Bombay : And i am Bawang Bombay!! Hehehe….
Pinnochio : (Startled). Bawang Merah? Bawang Bombay?
B.Bombay : Yes,we are. Don’t you mind if you visit our home? Our home is in the other side
Village.
Pinnochio : (Just quiet and talk to himself) In other side village? Wether they are Bawang
Putih’s sisters whose evil man? If i visit their home,can i meet Bawang Putih?
B.Bombay : How???
Pinnochio : Ok.
( Bawang Merah and Bawang Bombay laughing)

In the house………. Bawang Putih is still crying,and she look so tired. But,suddenly,Peri Biru comes…

B.Putih : (Startled). Peri Biru?1
Peri Biru : Yes,my dear… Why you look so sad?
B.Putih : Yes… I always command for clean up this house. And not long after now,my
sisters will arrive. If my job is haven’t finish,they must be scold me.
Peri Biru : Ssst… Quiet. I’ll help you. ( says a spell and suddenly all corner of the house being
so clean).
B.Putih : Tanks,Peri Biru.
Peri Biru : (Smile and dissapear)
(Her sisters comes with Pinnochio)
B.Bombay : Why… Why this room wa so clean?
B..Merah : P-putih….?!!
B.Putih : Y-yes…0
B.Bombay : Lets make a drink for our guest! Hurry up!
B.Merah : Yap! Hurry up!
(Bawang Putih go to the kitchen)
B.Merah : Well,Come on,we call Pinnochio…
B.Merah & B.Bombay : Pinnochio ……..?????!
Pinnochio : ( Enter the house,And they sit on livingroom). Err…. Is there any people live here
except you…?
B.Bombay : Oh,we live here with a servant.
(Bawang Putih was startled when she saw Pinnochio. But Pinnochio gave a signal to
Bawang Putih foor silent)
B.Bombay : What are you waiting for? Go!!!! And don’t be coquettishness!!!
B.Putih : (Leaving)
A few hours after that,Pinnochio permitted for back to home,but,with quietly,he put a lump of paper on the tea cup. And,when Bawang Putih cleaning up the livingroom,she found that paper. Actually,that paper is a letter from Pinnocio for Bawang Putih which explain that Pinnccio will comeback soon for pick up and bring Bawan Putih leave that house. A few days later,a handsome prinnce name Cabe Rawit Prince that he while looking for a girl whose beautiful,smart for dress up,coquettish,and had a bad manessed. And he move around to everyhouse. Until he arrive at Bawang Merah’s home.

–TOK!-TOK!-TOK!—

B.Merah : Putih..!!!!!!! Putih!!!……… Ugh! Where are you!! (Bawang Merah open the door and
when she saw Cabe Rawit. She’s so bewildered and was so coquettishness,and also
Cabe Rawit had a same thing like Bawang Merah do. He’s very charmed for Bawang
Merah’s beautiful). Yes,what’s up? (Coquettish)
Cabe Rawit : Ah. I just want……
(Bawang Putih comes)
B.Merah : Putttiihhh …………..!!!!!!!!!!
(Cabe Rawit was so shock)
B.Merah : Where have you been? That is your job??! Just go out from this house as you like?!
Go into the house!!
(Bawang Putih entered the house)
B.Merah : Err…. I’m sorry. What do you want was?
Cabe Rawit : Oh yes. Before that,i want to introduce my self. I’m Cabe Rawit Prince. And i just
looking for a girl like you… Would you like to be my princess? (surrendeded).
B.Merah : Ah… Errr…. Umm… Can you come to the park tomorrow morning?
Cabe Rawit : I will do anything for you,my dear……

Bawang Merah was so happy for Cabe Rawit’s manage proposal. And,she love him too. And of course,she will choose Cabe Rawit Prince than Pinnoccio. Equivalent by Pinnoccio,that Prince more handsome,more rich,and more romantic. Bawang Merah told that happen to Bawang Bombay,and Bawang Bombay was happy to hear that. Bawang Putih who not prected for listen they conversation,feel widw because now ,Bawang Merah not aim to Pinnoccio again,the man whom she love. Tomorrow……. Cabe Rawit Prince come early to the park than Bawang Merah.

B.Merah : I’m sorry. I’m coming late.
Cabe Rawit : (give a flower) it doesn’t matter, this is for you. Because you are so beautiful today.
B.Merah : thanks
Cabe Rawit : so, would you like to be my princess, shallots?
(Bawang Merah agree and Cabe Rawit smiles)
B.Merah : would you like shopping with me?
Cabe Rawit : with my pleasure, my girl
B.Merah : but, you will pay all things that we buy. Will you?
Cabe Rawit : of course, my lady.

malin’s mom : My child, malin….don’t you feel shy live together with your poor mother, son?
Malin : why you tell that? Of course i’m not shy. What kind of son i am, who shy if live
together with my mom?
Malin’s mom : you’re very nice son, malin….
Malin : mom, i want to ask permission to you. I want to wonder about a job in otherside
village. I want to looking for a money for repay your kindness because you have let
me stay in this house.
Malin’s Mom : But,you don’t need to do that!
Malin : Come on,Mom…Let me do this for you..
Malin’s Mom : O-ok… Becareful my son..
Malin : Of course,Mom. Thank you!

The next day,Malin go from his house. He walking and always walking,when he

Peri Biru : Hi Malin. What are you doing?
Malin : F-fairy? I just…. I haven’t found any job,Fairy. I want to be rich.
Peri Biru : Ok. I wil help you.
Malin : Do you??
Peri Biru : Yes,i’ll go now. Advanced your trip.
( She’s disappear)
Malin : Hh… Thanks,Peri Biru…..

Cabe Rawit : Fairy? What’s up?
Peri Biru : Cabe Rawit Prince,i want ask some help to you. Do you still remember Malin
Kundang? That human whom i create together with you.
Cabe Rawit : Yes,I remember him. Why?
Peri Biru : Now,he’s really need a job. I want he get a job in your kingdom. Can you do that?
Cabe Rawit : Ok. Thats so easy. I am in love now. Because of that,i will made him as my advisor.
And,fairy,thanks because you had created a beautiful Bawang Merah.
Peri Biru : W-what do you mean?
Cabe Rawit : I’m falling in love with her.
Peri Biru : What???? So,you are……….
Cabe Rawit : Yes.
Peri Biru : O. Up to you. Thaks. Bye.

At last Malin become a kingdom advisor and he become a people who very respecteble. And the special relation of Bawang Merah and Cabe Rawit Prince more was make difficult Bawang Putih. Because Cabe Rawit is join to tomure her. Eventhough Pinnocio and Bawang Putih relation is more nice. Thay often meet as quietly,without her sister’s knowing. Eventhough Bawang Bombay who feel lonely,because now,her dearest sister,Bawang Merah,more close with her boyfriend,Cabe Rawit Prince than herself. Her angry often she release to Bawang Putih. Peri Biru who knowing thats trouble take an action soon.When Bawang Bombay in alone……..
Peri Biru come……

Peri Biru : Bawang Bombay…. What’s goinmg on?
B.Bombay : Hah?? Fairy? You come on time when i need you. Peri Biru,i feel envious to Bawang
Merah. She has an a boy friend but why not for me??
Peri Biru : Thats your problem? I see… But,i think…. Maybe Cabe Rawit not for you… Yes,i
believe,you certain can have a perfectly boyfriend. Hi,i want to ask you abou Bawang
Putih.
B.Bombay : Bawang Putih? What?
Peri Biru : Don’t you hurt her. How pity of her.
B.Bombay : Ah….. Why you always protect Bawang Putih?! I just want ask you to help me. To find
friends of my life. Just it!
Peri Biru : O-ok.. I’m sorry. I know Bawang Bombay. I will help you to find friendds of your life.
Like Bawang Merah. Waited patienly.
(Peri Biru lost)
B.Bombay : Huuu…………

One day,heard a kingdom news that Pangeran Cabe Rawit will created a party in his kingdom. All of the people can joined.

B.Putih : Merah… Bombay… Can me join in the kingdom party tonight too???
B.Merah : What?? Party?? You?! What did you say!?! Nooo…!!!!! You must still here! You just
ugly girl. You not propher to join the party!!!!!!!!
B.Putih : B-but Merah…. I relly wwant to that party.. Please… Please… Plea..
B.Merah : Close your fuck mouth!!!!!!!!! Clean the house,wash the clothes,and other. You know the
consequence if you not do what i say.
B.Putih : Y-Yes…..
(Bawang Bombay come)
B.Putih : Bom-bombay, please help me …… I want to go to the party tonight …… please help me
……. Please……..
B.Bombay : Help you? How pity you are ….. hahahaha……Ah! Ask help to your peri biru!! Merah …….
Come on lets! go to dress up!

Malin’s mom : Oh …… my dearest Malin where are you? Is very lonely. Comeback please…. Momi
very miss you.. Malin……
(Peri come)
Malin’s mom : (Shock!) Hah? Who are you? Are you evil or angel?
Peri Biru : I’m fairy,mom..
Malin’s mom : Fairy? What is that?
Peri Biru : I’m fairy from Kahyangan Land. My name is Peri Biru. I heard you. Now you very
Miss to your child. Who’s your child?
Malin’s mom : My child is Malin Kundang. He is in the far away land. I don’t know where is he…. I
Just know he is looking for job. And wife for his life.
Peri Biru : Ouhh…. Malin… I see mom… Malin is my creation. Ok,i will help you,because i know
Where he is… I will back your child but you must promise with me,don’t you
Complain anything to your child. I will not tell you the consequence. So,don’t try it.
Malin’s mom : I promise.
(Peri Biru gone)

Eventhough in the house,Bawang Putih is crying sob…

B.Putih : Huuu…. Why?!! Why i must be a human?!!!!??! If my life just for scorn!! Humilation!
And unhappiness!!!! Why??! I’m very transverse????!! Oh god…….
I… I’m not able again… I’m very tired! My friend… Peri Biru… Where are you? I need you..
(Fairy come…)
Peri Biru : What’s going Bawang Putih? Why are you look so very sad?
P.Putih : I’m so regret be a human!! I want become my look was. I want my life is free!!!!!!
There’s not any problem!!!!!!
Peri Biru : Don’t you hurt her. How pity of her.
B.Bombay : Ah….. Why you always protect Bawang Putih?! I just want ask you to help me. To find
friends of my life. Just it!
Peri Biru : O-ok.. I’m sorry. I know Bawang Bombay. I will help you to find friendds of your life.
Like Bawang Merah. Waited patienly.
(Peri Biru lost)
B.Bombay : Huuu…………

One day,heard a kingdom news that Pangeran Cabe Rawit will created a party in his kingdom. All of the people can joined.

B.Putih : Merah… Bombay… Can me join in the kingdom party tonight too???
B.Merah : What?? Party?? You?! What did you say!?! Nooo…!!!!! You must still here! You just
ugly girl. You not propher to join the party!!!!!!!!
B.Putih : B-but Merah…. I relly wwant to that party.. Please… Please… Plea..
B.Merah : Close your fuck mouth!!!!!!!!! Clean the house,wash the clothes,and other. You know the
consequence if you not do what i say.
B.Putih : Y-Yes…..
(Bawang Bombay come)
B.Putih : Bom-bombay, please help me …… I want to go to the party tonight …… please help me
……. Please……..
B.Bombay : Help you? How pity you are ….. hahahaha……Ah! Ask help to your peri biru!! Merah …….
Come on lets! go to dress up!

Malin’s mom : Oh …… my dearest Malin where are you? Is very lonely. Comeback please…. Momi
very miss you.. Malin……
(Peri come)
Malin’s mom : (Shock!) Hah? Who are you? Are you evil or angel?
Peri Biru : I’m fairy,mom..
Malin’s mom : Fairy? What is that?
Peri Biru : I’m fairy from Kahyangan Land. My name is Peri Biru. I heard you. Now you very
Miss to your child. Who’s your child?
Malin’s mom : My child is Malin Kundang. He is in the far away land. I don’t know where is he…. I
Just know he is looking for job. And wife for his life.
Peri Biru : Ouhh…. Malin… I see mom… Malin is my creation. Ok,i will help you,because i know
Where he is… I will back your child but you must promise with me,don’t you
Complain anything to your child. I will not tell you the consequence. So,don’t try it.
Malin’s mom : I promise.
(Peri Biru gone)

Eventhough in the house,Bawang Putih is crying sob…

B.Putih : Huuu…. Why?!! Why i must be a human?!!!!??! If my life just for scorn!! Humilation!
And unhappiness!!!! Why??! I’m very transverse????!! Oh god…….
I… I’m not able again… I’m very tired! My friend… Peri Biru… Where are you? I need you..
(Fairy come…)
Peri Biru : What’s going Bawang Putih? Why are you look so very sad?
P.Putih : I’m so regret be a human!! I want become my look was. I want my life is free!!!!!!
There’s not any problem!!!!!!
Pinnocio : Would you marry with me???
B.Putih : Ow my God…. um… Ok. But you must carry me far from my sisters!
Pinnocio : Yes,i’m certain!
(Finnaly they happily ever after)

Someday after party,Bawang Putih and Pinnocio had leave far away from their land. They happily. Bawangn Putih sent the message to her sisters that she had married with Pinnocio and she had go far with him,so her sisters needn’t looking for her. Bawang Merah and Bawang not only happy but also sad,happy because finnaly Bawang putih gone from their live,sad because nothing again that can be victim to suffered.

Oneday…. Bawang Merah got the marriage proposal from Cabe Rawit Prince.

B.Merah : Bombay…… I get the marriadge proposal from Cabe Rawit Prince….
B.Bombay : What ?!! It’s the lucky day for you Merah!! Oh… My God! We are prepare your
marriadge.

Finnaly,Bawang Merah and Cabe Rawit married and live happily in his Kingdom. But,What’s happened with Bawang Bombay and Malin Kundang? Ow… They love each other since they met in the Cabe Rawit’s party. And because of it Malin Kundang come back home soon.

Malin : Motheeeerrrr!!!!!!!!!
Malin’s mom : Malin… Oh my child you had come back. Oh my child…..
Malin : Mom…………………
Malin’s mom : yes?
Malin : This my wife,Bawang Bombay……..
Malin’s mom : What?!!!!!!??????? She is your wife? OH my God!!
Malin : Why?
Malin’s mom : Look your wife!! Will more poor am i!
Malin : Mom,I love her!! I born to accompany Bawanng Bombay!
(Bawang Bombay very sad and says to Malin’s mom)
B.Bombay : Ok mom,if i nit blessed from you to married with Malin,i will went fromm here!
But,don’t ever you to despise me!!!
Malin : NO…. (Malin pool Baang Bombay’s hand)
Mom. Up to you!!! I love her that i looked first. I want to go with Bawang Bombay!!
Malin’s mom : Ow.. So ypu more choose Bawang Bpmbay than ypur mom?!!
Malin : YES,MOM!!!!!!!!!!!!
Malin’s mom : Y-you…. Malin… Yours impudent!!!!! I CURSE YOU !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
b.Bombay : NOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO……….!!!!!!!!!!!

— JDDEEEERRRRR…!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!—

( They fall and died)

Malin’s mom forget her promise to Peri Biru. Malin’s mother direct cry……
And that’s all final from this story…………………………………………..

07
Sep
11

skenario drama

halo temen temeeeeeen…. hahahaha
kali ini author mau ngepost tentang nc-21 skenario drama … author yakin di sekolah pasti ada kan suruh tampil drama walo pun kecil kecilaaan.. ahhaha
nah ini dia sskenario drama author waktu di sma .. silahkan… cekidot .

Aku bukan koruptor !!!!!!!!!!!!!!!!!

Peran :
 Amel sebagai tertuduh koruptor
 Afrizal sebagai koruptor sebenarnya
 Naufal sebagi polisi
 Widi sebagai hakim ketua
 Farah sebagai pengacara
 Adit sebagai hakim pendamping

Dialog :

Amel : Waddoohhh……. Jadi orang susah ga enak banget yak ! Ga punya duit … Makan aja ngutang!
(HP bunyi)
Amel :Eittss…. HP bunyi!Biarpun orang susah,tapi HP ya wajib punya dong.. Haha.. Halloooooooo…… OOOOIIII!! BEJJJOOOO!!!!! Oi,, Mende bae? Ooo…. Ya… Iku,Mamat sih,masih ngurusi wedus ta ? Oooo… Yawis salam bae ya !! Yooo… wadduhh…
(Afrizal datang)
Afrizal : Ngapain lo? (gelisah)
Amel : Lha.. Ira sih ngapain…
Afrizal : Tampang lo susah amat…
Amel : Ngece… eh apaan nih?
Afrizal : Sssst………Jangan keras-keras !!!!Ni duit tau! Mau ga lo? Tapi jangan bilang siapa-siapa!
Amel : Mau!!! Duit darimana nih??
Afrizal :Udahlah.. Trima ja.. Dah ya,saya pergi
(afri pergi)
Amel : Wakh… Jadi kayaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Amel : (Pake baju bagus) Hmm…. Iiih… Dunia panas banget sih… Kan kulitkyu bisa item.. (HP bunyi) Hallooo…… WHATTT????? Bejjooo?? Siapa yah?! Sorry,akyu tidak punyatemen yang kampungan gitu tuh… heh…
(Naufal datang dan tangkap Amel….)
Amel : Apaan nih??!!!!
Naufal : Maaf,anda saya tangkap atas tuduhan korupsi dana BLT sebesar 10juta rupiah.. Mari ikut saya…
Amel : Tidaaak !!!!!!!!!!!!

Di persidangan ……….
Widi : Saudara Amel… Anda tahu mengapa anda disini?
Amel :Ya,Yang Mulia,atas tuduhan korupasi. Tapi itu tidak benar !!!
Widi : Tenag,bisa anda jelaskan ?
Amel : Ketika saya sedang santai,seorang laki-laki datang dan memberi saya uang yang banyak. Siapa sih yang ga mau di kasih duit sebanyak itu!!
Farah : Benar Yang Mulia,klien saya tidak bersalah. Beliau hany diipu saja. Beliau korban,bukan tersangka
Widi : Baik,apakah ada mempunyi bukti yang cukup kuat?
Farah : Ada!! Saya sudah menyelidiki siapa laki-laki itu
(Naufal datang sambil membawa afrizal)
Widi : Amel,spsksh benar?
Amel : Benar!!! Dia yang menipu saya!!!!
Widi :Baik,sebentar. ( Beunding dengan adit). Baik,anda saya bebaskan
Amel : Asyiiiiiikkkkkkkkk!!!!!!!!!!11111
Widi ;Tapi harta anda kami sita sebagai barang bukti
Amel : OH NOOOOOO…………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! BEJJOOOOOOO…. Miskin lagi, JOOOOOO………………..

gmn ? aneh yaaa XD
enjoy :)




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 599 pengikut lainnya.